Search This Blog

Hasyim Muhammad Al Baghdadi, Mengembalikan Kemegahan Khat Ke Tanah Iraq

 

Master Kaligrafi

Akhirnya sampai juga blog ini kepada Hasyim Muhammad Al Baghdadi salah seorang raksasa kaligrafi dari tanah Iraq. Bagi anda yang belum tahu siapa beliau, buku kaidah kaligrafi karya beliau sangat populer di Indonesia. Bahkan mungkin anda sekarang sedang memegang bukunya. 

Buku qawa'idul khat yang disusunnya dipilih sebagai pedoman kaligrafi terbaik diseluruh dunia, karena Hasyim Muhammad berhasil memadukan kaligrafi gaya Turki dan kaligrafi gaya Iraq dengan kaidah kaidah yang sangat teliti.

Dulu seni kaligrafi berkembang ditanah Iraq melalui tangan tangan Ali Bin Hilal (Ibnu Bawwab). Kemudian panji panji kemegahannya diambil alih oleh para kaligrafer Turki dengan melahirkan banyak tokoh kaligrafi besar. Kemudian panji panji itu diakui kembali ke tanah Iraq melalui tangan Hasyim Muhammad Al Baghdadi. 

Hasyim Muhammad al Baghdadi adalah Abu Raqim Hasyim bin Muhammad bin al Hajj Dirbas al Qaisy al Baghdadi. Lahir di Baghdad pada tahun 1917 M. Sumber sumber terpercaya memberikan angka tahun lahir yang berbeda beda. Ensiklopedy Arab (arab-ency.com) menyebutkan angka tahun 1917 sementara wikipedia menyebutnya tahun 1921 M. 


Hasyim lahir dari keluarga miskin. Ayahnya hanyalah seorang pekerja di pasar sayuran.

Pertama kali ia belajar kaligrafi pada Molla Arif as-Syikhli. Tidak hanya belajar kaligrafi, Hasyim juga belajar banyak hal pada gurunya ini. Bakatnya sangat menakjubkan. Ia dengan cepat bisa meniru gurunya. Baik tulisannya maupun tindak tanduknya. Diceritakan, bahwa Hasyim sangat mengidolakan Molla Arif sehingga ia membuat jendela kecil di kamar nya untuk mengamati tindak tanduk gurunya itu. Mulai dari cara duduknya, caranya menghormat tamu dan lainnya. 

Belajar Kepada Ali Shobir


Selepas dari Molla Arif, Hasyim belajar kepada almarhum Ali Shobir. Gurunya ini adalah seorang kaligrafer ternama yang memiliki watak keras dan tajam dalam mengkritik karya murid muridnya. Kepada Ali Shabir Hasyim belajar cuma sebentar. Saya rasa, hasyim tidak cocok dengan watak gurunya ini. 

Diceritakan, bahwa suatu hari Hasyim membuat karya untuk diperlihatkan kepada gurunya, syeikh Ali Shabir. Hasyim berjuang untuk membuat karyanya itu sebagai karya terbaik. Setelah berjuang keras, karya itu selesai dan ia serahkan kepada gurunya. Sang guru sebenarnya kagum dan takjub dengan hasil karyanya. Hanya saja ia tidak ingin menunjukkan kekagumannya itu.

Ia mengkritik karya Hasyim di sana sini. Terakhir ia menduga Hasyim telah meniru karya karya orang Turki dan Mesir. Hasyim berusaha meyakinkan gurunya bahwa itu benar benar hasil kreasinya.  Namun usahanya sia-sia. Sang guru malah menasehatinya agar lain kali jangan melakukan penjiplakan karya orang lain. Hasyim bersikukuh, bahkan ia menawarkan diri untuk menulis kaligrafi yang baru dengan tulisan kalimat yang baru didepan gurunya. Sayangnya Ali Shabir tidak mau menarik ucapannya. Maka Hasyim Muhammad pun pergi.

Belajar Kepada Molla Ali al Fadhliy


Kemudian Hasyim belajar kepada Molla Ali al Fadliy, seorang guru di Masjid Jami' al Fadhl. Ali Al Fadhli adalah guru ilmu ilmu al Qur'an, Bahasa Arab, Arud, dan Seni Kaligrafi. Bersama sang guru ini, Hasyim belajar dan berlatih terus menerus. Hasilnya kemudian dikoreksi oleh sang guru, kemudian dikembalikan lagi dengan perasaan takjub. Setelah yakin dengan keahlian Hasyim, maka Molla Ali kemudian memberinya ijazah pada tahun 1943.

Rupanya Molla Ali al Fadhli inilah, gurunya yang paling sering ia kenang dan ia puji. Hasyim mencintai gurunya ini. Hasyim hidup miskin. Ia tidak punya cukup biaya untuk pendidikannya. Maka, sambil belajar pada Molla Ali, ia memilih untuk mencari pekerjaan tetap. Hasyim diterima di Kementrian Pertahanan (wuzarotu ad difa) . Disana ia bekerja beberapa lama.

Belajar Ke Mesir


Pada tahun 1944 ia berangkat ke Mesir untuk mengikuti pendidikan seni kaligrafi di Ma'had Tahsinul Khutut (Sekolah eni Kaligrafi) di Kairo Mesir. Ia menunjukkan ijazahnya dan beberapa hasil karyanya kepada pihak sekolah, yang membuat takjub para direktur dan guru guru disana. Hasyim kemudian langsung diizinkan untuk mengikuti ujian akhir, dan ternyata memperoleh nilai tertinggi.

Hasyim mendapat ijazah khusus dari kaligrafer besar Mesir Sayyid Ibrahim dan kaligrafer Muhammad Husni. Atas prestasi nya itu ia diminta untuk tinggal di Mesir menjadi seorang guru. Tetapi Hasyim menolak. Ia memilih untuk kembali ke Baghdad dan membuka sebuah workshop disana.

Belajar Pada Hamid Al Amidi ?

Ini adalah topik diskusi yang cukup hangat dikalangan peneliti kaligrafi. Apakah Hasyim Muhammad pernah belajar kepada Hamid al Amidi ? Ada dokumen yang membuktikan bahwa ia pernah belajar kepada Hamid al Amidi. Yaitu naskah ijazah yang diberikan Hamid kepadanya. 

Maka banyak penulis yang meyakini, Hasyim Muhammad pernah belajar kepada Hamid Al Amidi. Mereka mengatakan, Hasyim berguru kepada Musthafa Azmi Hamid Aytac al Amidi beberapa tahun. Hamid sangat takjub dengan kemampuan Hasyim sehingga ia memberikan ijazah sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1950 dan 1052. Kedua ijazah ini sangat dibanggakan oleh Hasyim. Ia memajang kedua ijazah itu di workshopnya.

Ini Ijazahnya :


Ijazahnya yang kedua dari Hamid Al Amidi
Ditulis dengan gaya diwani yang sangat indah. 
Bunyi teksnya adalah :

بسم الله الرحمن الرحيم
وَلَدِي هَاشِم مُحَمَّد الْبَغْدَادِي الخَطَّاط
شَاهَدْتُ فِيْكَ الصِّدْقَ وَالْإِخْلاَصَ وَالْمَحَبَّةَ لِهَذَا اْلفَنِّ  اْلجَمِيْلِ الَّذي لَمْ يَنْدَثِرْ ماَ دَامَ اْلإسْلاَم قَائِماً وَأَعْهَدُ فِيْكَ أنْ تَكُوْنَ مِنْ خِياَرِهِمْ وَأَوَّل ٍالخَطَّاطِيْنَ فِي اْلعَالَمِ الإسْلاَمِي، فَلَكَ أُهْدِي أزْكَى التَهَانِي لِمَا أنْتَ فِيْه فِي تَقدُّم دَائِم. 

كُتب في الآسِتاَنَة سَنَة 1372 هجرية، 
استاذك المخلص موسى عزمي المعروف بحامد الآمدي 

Hanya saja, beberapa penulis lain seperti Mr. Ugur Derman, mencoba 'meluruskan'. Bahwa pertemuan Hasyim dan Hamid adalah pertemuan sesama master kaligrafi. Bukan sebagai guru dan murid. Ijazah yang diberikan Hamid, adalah sebuah penghormatan saja. Bahkan dalam salah satu ucapannya, Hamid merasa malu untuk memberi ijazah kepada Hasyim karena level Hasyim diakuinya 'sudah mengunggulinya' .

Karya Karya Kaligrafinya

Hasyim terkenal dengan tulisannya yang bukan saja indah susunannya, tetapi juga halus seperti dikerjakan dengan mesin. Hasyim sangat teliti dalam mengikuti kaidah penulisan khat. Diantara kelebihan Hasyim Muhammad adalah kemampuannya dalam menuliskan huruf secara berulang ulang dengan bentuk yang sama persis. Kemampuan seperti ini jarang dimiliki kaigrafer, menunjukkan betapa seringnya dia berlatih kaligrafi.

Berikut ini beberapa diantara karyanya :

Khat tsuluts Hasyim

Surah Ali Imran ayat 159
ِفَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوكَّلْ عَلَى الله 



Kaligrafi Al-An'am 162

ٍAl Qur'an Surah Al An'am ayat 162
َقُلْ إنَّ صَلاَتيِ وَنُسُكِي وَمـَحْــيَايَ وَمـَمَـاتِي لله رَبِّ الْعَالَمِيْن 



هو الله لا إله إلا الله محمد رسول الله
Dialah Allah, tiada tuhan selain Allah, Muhammad Rasulullah
Ditulis oleh Hasyim Muhammad, tertanggal 1380 M


علو الهمة
Tinggi cita cita itu termasuk iman
ِعُلُوُّ الْهِمَّةِ مِنَ الْإِيـــــْماَن  



sampul buku
Judul kitab : Alfu Lailah wa Lailah
(Seribu Satu Malam)



Basmalah

Basmalah



ِAl Baqarah 185
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أنْزِلَ فِيْهِ اْلقُرْآن 





Surah Al Qadar ayat 5
سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ



Nama Orang 
عَادِل عَبْد الرَّؤف الْفَرَا



Surah Fathir 43 :
ولا يحيق المكر السيئ إلا بأهله



Surah Al Mulk ayat 29
قُلْ هُوَ الرَّحْمَنُ آمَناَّ وَعَلَيْهِ تَوَكَّلْنَا




ِتَوَكَّلْتُ عَلَى الله

Salah satu karya Hasyim Muhammad (tidak ada tauqi'nya) dalam gaya Diwani Jaly :
Hadrot Sohibu al siyadah ra'is majlis siyadahal fariq al rukn Muhammad Najib Ar Rubai'iy



اللهُ وَليُِّ التَّوْفِيْق



Karya Hasyim Muhammad, meniru tulisan Hafidz Usman.
Karya ini diberikan sebagai hadiah kepada kaligrafer Muhammad Badawi Ad-Dirani
  وَباِلشُّكْرِ تَدُوْمُ النِّعَم




Karya Tsuluts Mutanadzir (berpantulan) Surah Al Isra ayat 85
ًوَماَ اُوْتِيْتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إلاَّ قَلِيْلا



Sampul Sebuah Buku 



Ghirahnya Terhadap Kaligrafi Tradisional


Hasyim Muhammad adalah kaligrafer tradisional. Ia sangat menjunjung tinggi kaidah kaidah kaligrafi. Hasyim sangat cemburu bila ada kaligrafer yang menulis tanpa kaidah. Karena itu ia juga tidak suka bila ada yang mencoba kreatif mengembangkan model model huruf seni kaligrafi yang sudah mapan. Ia tidak suka yang berbau kontemporer, menulis huruf huruf sebebasnya tanpa kaidah. sebagaimana yang banyak dilakukan oleh kaligrafer Mesir dan Syiria.

Baginya, melanggar kaidah kaligrafi adalah kejahatan. Setiap usaha mengembangkan bentuk huruf yang sudah mapan ia anggap sebagai usaha untuk menghancurkan bahasa Arab dan huruf huruf Al Qur'an. Sikapnya ini bisa difahami, mengingat usahanya menguasai kaligrafi dengan susah payah. Ia tidak ingin ada kaligrafer kaligrafer malas, yang mengambil jalan pintas dalam berkarya dengan cara menulis semaunya tanpa mengikuti kaidah.

Bukunya


Hasyim Muhammad Al-Baghdadi meninggalkan sebuah buku kaidah belajar kaligrafi yang sangat monumental berjudul (Qawaid al Khat Al Araby). Buku ini sangat populer dan dipelajari diberbagai negara. 

Di Indonesia bahkan hampir setiap kursus/sekolah kaligrafi 'membajak' buku ini. Maksud saya, di Indonesia banyak beredar bajakannya dan fotocopiannya. Baik secara lengkap sebagaimana diterbitkan, maupun bagian bagiannya yang dibuat menjadi jilid jilid lebih kecil. 

Hanya saja banyak guru kaligrafi yang tidak menerangkan kepada murid muridnya bahwa kaidah yang sedang dipelajarinya itu adalah milik Hasyim Muhammad. Mestinya harus diperkenalkan. Ini kan satu bentuk etika. Lebih baik lagi, bila sang pengarang ini dikirimi Surah Fatihah atau do'a. Supaya ilmunya manfaat.

  

Wafat


Hasyim Muhammad Al Baghdadi wafat pada hari Senin tanggal 30 April 1973 setelah ia merasakan sakit pada dadanya di malam itu. Ia dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong. Ajal telah menjemputnya. 

Jenazahnya disholatkan oleh banyak orang, dipimpin oleh seorang  imam yaitu Syeikh Ma'thuq Mahmud Al A'dzomy. Hasyim dimakamkan di kompleks pekuburan Khaizaran dekat masjid Abu Hanifah. Kuburnya bersebelahan dengan makam sufi terkenal Asy-Syibli.

Hasyim Muhammad berencana menulis mushaf Al-Qura'an, sayangnya tidak terwujud. Meski demikian, ia pernah diutus ke Jerman untuk menjadi supervisor pencetakan Al Qur'an yang ditulis oleh Muhammad Amin Al Rusydi.



Selama hidupnya ia hanya memberi satu ijazah kepada seorang muridnya : Abdul Ghani al Ani.



Riwayat Hidup Hasyim Muhammad Al Baghdadi, artikel original Kaligrafi Islam @2017.
Ditulis dengan memperhatikan sumber sumber berikut ini :


Sumber :
1.  Wikipedia, هاشم محمد البغدادي
2.  amaze.com, presentasi Hasyim Muhammad
3.  Islambooks.info - Hasyim Muhammad Al Baghdadi
4.  http://www.calligraphyislamic.com- Hashim Muhammad Baghdadi


<
Hasyim Muhammad Al Baghdadi, Mengembalikan Kemegahan Khat Ke Tanah Iraq 4.5 5 Subhan Hidayat Kaligrafi indah, khattat, Hasyim Muhammad Akhirnya sampai juga blog ini kepada Hasyim Muhammad Al Baghdadi salah seorang raksasa kaligrafi dari tanah Iraq. Bagi anda yang belum ...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)