Search This Blog

Langkah Langkah Membuat Seni Ebru Atau Marbling

 


Cara Membuat Seni Ebru. Hanya pengetahuan awal tentang langkah langkah membuat seni ebru.

Masih mengenai topik kita tentang seni ebru atau seni marbling. Pada postingan sebelumnya secara sekilas kita telah melihat perpaduan seni ebru dan seni kaligrafi. Kali ini kita akan coba melihat lebih jauh, bagaimana proses pembuatan seni ebru.

Seni marbling ditemukan pada abad ke 13 M di Turkistan. Seni dekoratif ini kemudian menyebar ke berbagai negara seperti China, India dan Anatolia (sekarang Turki). Para seniman kaligrafi Seljuk dan Turki Usmani (Ottoman) saat itu, banyak menggunakan seni marbling untuk menghiasi sampul sampul buku mereka. Penggunaannya kemudian meluas pada dokumen resmi dan surat menyurat. Para seniman Turki lah yang kemudian mengembangkan seni ini dan menemukan banyak cara membuat seni ebru serta menyempurnakan tekhnik pembuatannya. Hal inilah yang kemudian menjadikan negara Turki sebagai pusat seni marbling selama berabad abad sampai sekarang. Oleh masyarakat Turki seni ini kemudian disebut EBRU. Kata ebru mungkin diturunkan dari kata EbrĂ­ yang berarti awan, atau dari kata AbrĂș yang berarti permukaan air.

Bahan Utama Seni Marbling


Bahan bahan utama yang dibutuhkan untuk seni marbling, bisa dibilang tidak banyak tersedia di negara kita Indonesia terutama getah Travaganth. Untuk mendapatkan suplay bahan bahannya, kita mungkin harus membelinya secara online. Lebih bagus lagi bila anda bisa menemukan bahan bahan alternatif untuk seni marbling. Negara kita kaya. Banyak jenis mineral dan getah getahan tersedia. Siapa tahu anda menjadi pakar marbling Indonesia dengan bahan bahan khas Indonesia.

Saya tidak akan menjelaskan detail cara pembuatan seni Ebru karena saya tidak pernah melakukannya. Disini hanya akan dikutipkan beberapa rangkuman tulisan mengenai cara membuat seni Ebru. Bahan bahan dan alat alat pembuatan Ebru (beberapa diantaranya khas Turki), antara lain :

1.  Kitre atau getah tragacanth

Getah yang disadap dari sejenis pohon berduri khas Timur Tengah dan Turki. Ketika kering warnanya putih tulang. Tersedia dalam bentuk cair dan bubuk.


Tiga sendok Getah tragacanth dicampur dengan air hingga meleleh dan larut. Takaran campuran ini mesti tepat, agar pewarna yang diteteskan bisa mengambang. 
Larutan itu kemudian didiamkan selama dua hari. Setelah dua hari cairan akan berubah agak kental dan lengket. 

2.  Tray/wadah

Untuk menampung media lukis. Besarnya disesuaikan dengan ukuran kertas. Larutan getah Tragacanth yang sudah siap dituangkan kedalam tray.



3.  Pewarna alami

Pewarna yang berasal dari mineral dan tumbuh tumbuhan. Pewarna ini biasanya dicampur dengan empedu hewan (cattle gall), supaya ketika pewarna diteteskan kedalam tray, ia bisa mekar. Cairan gall ini beraroma tidak enak, dan tersedia secara online.



4.  Peralatan Lukis, antara lain kuas dari bulu kuda (horsehair), pipet, sisir, tongkat dan lain lain

Bila sudah siap, maka kita mulai membuat seni ebru.

Pertama, cipratkan pewarna. Pewarna akan membentuk pola pola marmer diatas larutan tragacanth.
Kedua, teteskan warna warna yang disukai, lalu buat menjadi motif motif sesuka anda.
Ketiga, letakkan kertas diatasnya. Setelah kertas diangkat, anda akan mendapatkan seni Ebru yang indah.

Mendingan tonton saja videonya. Berikut ini adalah beberapa video tentang Seni Ebru :






Video berikut ini adalah proses pembuatan seni ebru ukuran raksasa :


Ada ratusan video di youtube tentang cara pembuatan seni ebru yang bisa kamu tonton. Langsung menuju youtube saja. Cari dengan kata kunci ebru atau marbling. Mudah mudahan bermanfaat.




Sumber artikel :

<
Langkah Langkah Membuat Seni Ebru Atau Marbling 4.5 5 Subhan Hidayat Cara membuat kaligrafi, cara membuat seni ebru Cara Membuat Seni Ebru . Hanya pengetahuan awal tentang langkah langkah membuat seni ebru. Masih mengenai topik kita tentang seni ebru...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (58) Khattat (48) Buku Kaligrafi (36) Download (27) Latihan (15) Tematik (14) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (10) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Mushaf (5) Naskhi (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Abdurraziq Salim (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Farisi (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)