Search This Blog

Jannah Izzat : Kaligrafer Wanita Paling Luar Biasa

 

Kaligrafer Wanita istimewa, Janna Izzat sedang menjelaskan caranya menulis kaligrafi dengan dua tangan

Tidak banyak nama wanita yang muncul sebagai master kaligrafi dibandingkan dengan laki laki. Diantara sedikit kaligrafer wanita itu, ada satu nama yang paling berbakat dan memiliki talenta ajaib. Dia adalah Jannah Izzat dari Mosul Iraq.

Salah satu karya Jannah : Tulisan dalam kaligrafi tsuluts berbunyi Sultan Qabus bin Sa'id

Nama lengkapnya adalah Jannah Adnan Ahmad Izzat. Ia lahir di kota Mosul Iraq tahun 1965. Ia memiliki seorang adik bernama Farah Izzat yang juga seorang kaligrafer. Mereka berdua mendapat didikan langsung dari ayahnya, Adnan Ahmad Izzat yang juga seorang seniman kaligrafi dan seorang sastrawan. Melihat bakat kedua anaknya ini, Adnan meminta seorang temannya, yang merupakan kaligrafer besar di Mosul bernama Yusuf Dzunun untuk memberikan pelajaran kaligrafi lebih lanjut.

Menulis Kaligrafi dihadapan Hamid Al Amidi di Istambul

Ternyata kedua anak ini adalah anak anak istimewa. Terutama Jannah sang kakak. Pada tahun 1975, (berarti usianya baru 10 tahun), ia sudah mendapat ijazah dari seorang kaligrafer terbesar Turki Hamid Aytac Al-Amidi. Sebuah prestasi yang tidak akan pernah lagi ditandingi oleh siapapun. Pada tahun itu juga ia dikirimkan ke Mesir oleh ayahnya untuk diuji dan diberi ijazah oleh kaligrafer besar Mesir saat itu, Sayyid Ibrahim.

Dibawah bimbingan Sayyid Ibrahim, Kaligrafer Mesir.
Ada satu lagi kemampuannya yang sangat special yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ia mampu menuliskan kaligrafi dengan kedua tangannya yang kiri dan yang kanan secara bergantian dengan hasil yang sama baiknya. Ia juga sanggup menggerakkan kedua tangannya sekaligus untuk menghasilkan kaligrafi mutanadzir (kaligrafi berpantulan) yang simetris dan sama persis di kedua sisinya. Kemampuan seperti ini amatlah langka terjadi didunia. Dalam sebuah videonya ia menarik kekaguman banyak orang karena ia menulis kaligrafi dengan kedua tangannya secara bergantian. Saksikan videonya berikut ini :



Dalam videonya yang lain ia memperagakan caranya menulis kaligrafi mutanadzir  dengan mengandalkan tangannya dan sebuah garis tengah :


Karya Kaligrafi Jannah : Mempersatukan Dunia Arab

Berikut ini adalah beberapa karya Jannah Adnan Ahmad Izzat. Ia telah melakukan sebuah proyek penggarapan kaligrafi dalam bentuk peta negara negara dunia Arab. Kaligrafi kaligrafi berbentuk peta itu ia persembahkan kepada seluruh dunia Arab. Dalam salah satu suratnya, ia sangat berharap akan terjadi kesatuan dunia Arab. Berikut ini karya karyanya :

ayat kursi



Karya Jannah Izzat dalam kaligrafi Tsuluts Mutanadzir berbentuk segitiga berisi kutipan pasal 43 UUD negara Uni Emirat Arab : 
أن الدفاع عن الوطن فرض مقدس على كل مواطن ومواطنة وأداء الخدمة العسكرية شرف

Saat ini Jannah Adnan Ahmad Izzat hidup di New Zealand dan masih berkarya.

Adakah sofware kaligrafi yang bisa mendekati karya master kaligrafi ? Baca di artikel kami : MENJAJAL KEHEBATAN SOFTWARE KALIGRAFI KELK 2010

<
Jannah Izzat : Kaligrafer Wanita Paling Luar Biasa 4.5 5 Subhan Hidayat Thuluth, Kaligrafer Wanita, Kaligrafi Islam Kaligrafer Wanita istimewa, Janna Izzat sedang menjelaskan caranya menulis kaligrafi dengan dua tangan Tidak banyak nama wanita yang ...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (58) Khattat (48) Buku Kaligrafi (36) Download (27) Latihan (15) Tematik (14) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (10) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Mushaf (5) Naskhi (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Abdurraziq Salim (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Farisi (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)